Breaking News
Home / Politics / Polisi Ungkap Asal Rp 200 Juta untuk Bayar Pelaku Penembakan di Kelapa Gading – detikNews

Polisi Ungkap Asal Rp 200 Juta untuk Bayar Pelaku Penembakan di Kelapa Gading – detikNews

Jakarta

Nur Luthfiah (35) merencanakan penembakan Sugianto (51) di Kelapa Gading, Jakarta Utara, dengan menyewa pembunuh bayaran sebesar Rp 200 juta. Polisi pun mengungkap asal usul uang yang digunakan Nur Luthfiah untuk membayar para eksekutor.

“Yang 200 juta ya bisa dikatakan uangnya NL (Nur Luthfiah),” kata Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana dalam konferensi pers di Polda Metro Jaya, Senin (24/8/2020).

Nana mengatakan uang Rp 200 juta itu merupakan tabungan Nur Luthfiah. Nur Luthfiah rela menguras tabungannya lantaran takut dilaporkan ke polisi oleh korban lantaran menggelapkan uang pajak.

“Simpanannya NL ini. Memang mereka merasa saya dalam keadaan terancam dan takut dilaporkan ke polisi sehingga disiapkan Rp 200 juta untuk bunuh,” ucapnya.

Nana menyebut Nur Luthfiah, yang merupakan karyawan korban, merencanakan pembunuhan lantaran sakit hati dilecehkan dan mendapat ancaman dari korban. Nur Luthfiah kemudian meminta suami sirinya, Ruhiman (42), untuk mencari orang yang mau mengeksekusi korban.

Setelah didapatkan yang bersedia mengeksekusi, selanjutnya pada 4 Agustus, Nur Luthfiah langsung mentransfer uang Rp 100 juta kepada Ruhiman dan selanjutnya pada 6 Agustus mentransfer Rp 100 juta kepada tersangka Ir Arbain Junaedi (56).

“Jadi Rp 200 juta uang diserahkan kepada para sindikat,” ucap Nana.

Setelah para eksekutor dibayar, para tersangka kemudian sepakat mengeksekusi korban pada 13 Agustus 2020. Sugianto ditembak sebanyak 5 kali oleh tersangka Dikky hingga tewas di depan ruko miliknya.

Total ada 12 tersangka yang ditangkap terkait penembakan maut ini. Mereka adalah Nur Luthfiah (34), Ruhiman (42), Dikky Mahfud (50), Syahrul (58), Rosidi (52), Mohammad Rivai (25), Dedi Wahyudi (45), Ir Arbain Junaedi (56), Sodikin (20), Raden Sarmada (45), Suprayitno (57), dan Totok Hariyanto (64).

Tersangka Ruhiman, Dikky Mahfud, Syahrul, Mohammad Rivai, Dedi Wahyudi, Ir Arbain Junaedi, Sodikin, Suprayitno, dan Totok Hariyanto ditangkap tim Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya di bawah pimpinan Kompol Handik Zusen, AKP Herman Edco Simbolon, Kompol Ressa F Marasabessy AKP Mugia Yarry Junanda, AKP Nor Marghantara, dan AKP Rulian Syauri.

Tersangka Rosidi dan Sarmada ditangkap tim Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya di bawah pimpinan AKBP Jerry R Siagian. Sementara tersangka Nur Lutfiah ditangkap tim Polres Metro Jakarta Utara di bawah pimpinan Kompol Wirdhanto Hadicaksono.

(maa/mei)

Read More

About admin

Check Also

6 Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Merusak Mr P, Stop dari Sekarang! – detikHealth

6 Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Merusak Mr P, Stop dari Sekarang! – detikHealth

Jakarta - Penis merupakan organ terpenting bagi kaum pria. Secara umum, ada dua fungsi utama penis, yakni untuk mengeluarkan cairan urine dari dalam tubuh dan sebagai alat untuk proses berhubungan seksual.Namun, banyak pria yang tidak menyadari bahwa kebiasaan-kebiasaan tertentu dapat memberi pengaruh buruk untuk penis. Bahkan kebiasaan ini kerap dilakukan sehari-hari, lho.Wahai pria, ini 5…