Breaking News
Home / Politics / Ilmuwan Sebut Corona COVID-19 Menyebar Via Udara, Pedoman Virus WHO Dikaji Ulang – Liputan6.com

Ilmuwan Sebut Corona COVID-19 Menyebar Via Udara, Pedoman Virus WHO Dikaji Ulang – Liputan6.com

Liputan6.com, Jenewa – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sedang meninjau sebuah laporan yang mendesaknya untuk memperbarui pedoman terkait Virus Corona COVID-19, setelah lebih dari 200 ilmuwan dalam sepucuk surat kepada badan kesehatan, menguraikan bukti bahwa virus itu dapat menyebar dalam partikel-partikel kecil di udara.

Mengutup Channel News Asia, Selasa (7/7/2020), WHO mengatakan SARS-CoV-2, virus yang menyebabkan Virus Corona COVID-19, menyebar terutama melalui tetesan kecil yang dikeluarkan dari hidung dan mulut orang yang terinfeks,i yang dengan cepat tenggelam ke tanah.

Tetapi dalam sebuah surat terbuka kepada badan yang bermarkas di Jenewa, yang diterbitkan pada Senin 6 Juli dalam jurnal Clinical Infectious Diseases, 239 ilmuwan di 32 negara menguraikan bukti bahwa mereka mengatakan menunjukkan partikel virus mengambang dapat menginfeksi orang yang menghirupnya.

Karena partikel-partikel yang lebih kecil itu dapat bertahan lama di udara, para ilmuwan mendesak WHO untuk memperbarui panduannya.

“Kami mengetahui artikel itu dan sedang meninjau isinya dengan para ahli teknis kami,” kata juru bicara WHO, Tarik Jasarevic dalam sebuah email.

Penularan Lewat Udara

Seberapa mungkin Virus Corona baru dapat menyebar melalui jalur udara atau aerosol, berbeda dengan tetesan yang lebih besar pada batuk dan bersin tidak jelas.

Setiap perubahan dalam penilaian WHO terhadap risiko penularan dapat memengaruhi sarannya saat ini untuk menjaga jarak satu meter secara fisik. Pemerintah seluruh negara, yang bergantung pada WHO terkait kebijakan panduan, mungkin juga harus menyesuaikan langkah-langkah kesehatan masyarakat yang bertujuan untuk mencegah penyebaran virus.

Meskipun WHO mengatakan sedang mempertimbangkan aerosol sebagai kemungkinan rute penularan, masih harus diyakinkan bahwa bukti tersebut menjamin adanya perubahan dalam panduan.

Dr Michael Osterholm, seorang ahli penyakit menular di University of Minnesota, mengatakan WHO telah lama enggan mengakui penularan aerosol influenza, “terlepas dari data yang meyakinkan,” dan melihat kontroversi saat ini sebagai bagian dari perdebatan. 

“Saya pikir tingkat frustrasi akhirnya meningkat sehubungan dengan peran yang dimainkan oleh transmisi udara pada penyakit seperti influenza dan SARS-CoV-2,” kata Osterholm.

Profesor Babak Javid, seorang konsultan penyakit menular di Rumah Sakit Universitas Cambridge, mengatakan penularan virus melalui udara adalah mungkin dan bahkan sangat mungkin, tetapi mengatakan bukti tentang berapa lama virus tetap di udara masih belum cukup.

Jika virus dapat bertahan di udara untuk jangka waktu yang lama, bahkan setelah orang yang terinfeksi meninggalkan ruang itu, itu dapat mempengaruhi tindakan petugas kesehatan dan orang lain untuk melindungi diri mereka sendiri.

Pedoman WHO untuk petugas kesehatan, tertanggal 29 Juni, mengatakan SARS-CoV-2 terutama ditularkan melalui tetesan pernapasan dan pada permukaan.

Tetapi transmisi melalui udara dimungkinkan dalam beberapa keadaan, seperti ketika melakukan prosedur intubasi dan penghasil aerosol.

Mereka menyarankan pekerja medis melakukan prosedur seperti itu untuk mengenakan masker pernapasan N95 tugas berat dan peralatan pelindung lainnya di ruang berventilasi memadai.

William Hanage, seorang ahli epidemiologi di Harvard TH Chan School of Public Health, mengatakan laporan yang sedang ditinjau di WHO “membuat banyak poin masuk akal tentang bukti bahwa cara penularan ini dapat terjadi, dan harus ditanggapi dengan serius.”

Tetapi seberapa sering penularan melalui udara terjadi, yang tidak diketahui, juga penting.

“Jika transmisi melalui udara dimungkinkan tetapi jarang, maka menghilangkannya tidak akan berdampak besar,” katanya dalam komentar melalui email.

Para pejabat di Pusat Pengendalian Penyakit Korea Selatan mengatakan pada hari Senin bahwa mereka terus membahas berbagai masalah tentang COVID-19, termasuk kemungkinan penularan melalui udara. Mereka mengatakan penyelidikan lebih lanjut dan bukti masih akan terus diperlukan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

WHO melaporkan lonjakan penambahan harian kasus penularan virus corona di dunia. Angka penambahannya memecahkan rekor yang tercatat 28 Juni lalu.

Read More

About admin

Check Also

6 Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Merusak Mr P, Stop dari Sekarang! – detikHealth

6 Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Merusak Mr P, Stop dari Sekarang! – detikHealth

Jakarta - Penis merupakan organ terpenting bagi kaum pria. Secara umum, ada dua fungsi utama penis, yakni untuk mengeluarkan cairan urine dari dalam tubuh dan sebagai alat untuk proses berhubungan seksual.Namun, banyak pria yang tidak menyadari bahwa kebiasaan-kebiasaan tertentu dapat memberi pengaruh buruk untuk penis. Bahkan kebiasaan ini kerap dilakukan sehari-hari, lho.Wahai pria, ini 5…