Breaking News
Home / Politics / Mengenal alergi yang juga bisa menyebabkan diare dan sesak nafas – ANTARA Lampung

Mengenal alergi yang juga bisa menyebabkan diare dan sesak nafas – ANTARA Lampung

Jakarta (ANTARA) – Alergi merupakan suatu reaksi sistem imun tubuh yang terjadi di hampir semua manusia. Reaksi ini muncul berlebihan ketika dipicu dengan benda asing tertentu, misalnya bulu hewan, tanaman, jamur, makanan, dan obat.

“Gejala alergi dapat berbeda-beda pada setiap orang. Gejalanya dapat meliputi gejala ringan sampai berat. Gejala ringan misalnya kulit kemerahan, gatal, bersin, hidung tersumbat, tenggorokan terasa gatal, dan mata berair,” kata dr. Shannia Tritama dalam siaran pers pada Kamis.

Sementara itu, alergi juga bisa menunjukkan gejala berat misalnya diare, mual muntah, sesak nafas, sulit menelan, mengi, berdebar sampai hilang kesadaran. Namun, gejala alergi ini dapat diatasi dengan minum obat golongan antihistamine

Saat alergi terjadi tubuh akan mengeluarkan zat histamine. Histamine ini akan berikatan dengan reseptor dalam tubuh dan menyebabkan berbagai gejala alergi. Oleh karena itu, seorang yang mengalami alergi harus diberikan antihistamine. Contoh obat antihistamine adalah loratadine dan cetirizine.

Loratadine dan cetirizine adalah obat antihistamine bekerja dengan cara mengatasi efek histamine pada reseptor tubuh yang spesifik. Loratadine termasuk obat golongan antagonis reseptor histamin H1 generasi kedua yang banyak digunakan untuk mengatasi alergi.

Menurut penelitian, loratadine dapat mencapai konsentrasi puncak dalam waktu 1-2 jam. Waktu paruhnya yaitu sekitar 10-20 jam, sehingga loratadine dapat bertahan setidaknya 24 jam. Dengan demikian, dosis loratadine cukup satu kali sehari.

Sementara itu, cetirizine tidak boleh digunakan untuk mengobati gatal-gatal yang memar atau melepuh karena alergi. Cetirizine juga mempunyai daya kerja yang pendek sehingga alergi dapat timbul lagi dengan cepat, tergantung dari daya tahan tubuh seseorang. Tidak hanya itu, cetirizine juga mempunyai efek samping seperti: mengantuk berat, kelelahan berlebihan, mulut kering, bisa juga menyebabkan sakit perut.

Karena perbedaan efektivitas tersebut, loratadine biasanya menjadi pilihan yang lebih bijaksana untuk mengatasi gejala dari alergi.

PT Lapi Laboratories (LAPI), salah satu perusahaan farmasi di Indonesia, merilis obat anti-alergi dan tanpa kantuk yakni Alerhis yang bisa dibeli tanpa resep dokter.

“Kami berharap obat ini dapat menjadi salah satu pilihan masyarakat dalam mengatasi gejala alergi, seperti bersin, penyakit kulit, bentol, biduran, kaligata, gatal, dan bengkak karena alergi. Selain itu, jika dibandingkan dengan jenis anti alergi lain seperti cetirizine, Alerhis juga tidak menyebabkan kantuk sehingga aman dikonsumsi pagi atau siang hari. ALERHIS dapat diminum dari anak usia 6 tahun, dan kini sudah tersedia di apotek dan toko obat berizin terdekat,” kata Heskhel Wijaya selaku marketing manager divisi OTC PT Lapi Laboratories (LAPI).

Baca juga: Dokter: Pola sehat perbaiki hidup pasien stroke


Baca juga: Kayumanis dan lemon bisa jadi bahan antiseptik alami

Manfaat loratadine

Mengatasi bersin alergi


Rhinitis alergi adalah alergi yang ditandai dengan bersin-bersin, hidung tersumbat, mata berair dan biasanya disebabkan karena debu, pollen atau cuaca dingin. Menurut American Academy of Allergy, Asthma & Immunology (AAAAI) sekitar 10-30 persen populasi dunia memiliki rhinitis alergi. Rhinitis alergi lebih banyak dialami oleh laki-laki daripada wanita.

Mengatasi kaligata


Gatal pada kulit beberapa saat setelah makan makanan tertentu, terkena debu atau serangga merupakan salah satu gejala alergi. Gatal muncul disertai dengan bentol berbentuk seperti pulau-pulau yang semakin lama semakin besar. Alergi makanan biasanya terjadi sekitar 8 persen pada anak di bawah usia 5 tahun dan hingga 4 persen pada orang dewasa.

Bengkak akibat alergi


Bengkak akibat alergi dapat terjadi pada daerah tangan, kaki, area mata, bibir, lidah dan genital. Bengkak akibat alergi disebut sebagai angioedema. Bengkak akibat alergi dapat terjadi pada saluran pernapasan dan dapat mengancam nyawa.

Mata gatal dan berair


Mata terasa gatal dan berair terus menerus paling banyak disebabkan karena alergi. Pemicunya adalah bulu binatang, debu, jamur, make up atau tetes mata. Tubuh bereaksi terhadap paparan alergi tersebut dan menyebabkan pelepasan histamin. Selanjutnya, menyebabkan pelebaran pembuluh darah pada mata dan mata menjadi berair dan terasa gatal.

Cara paling mudah agar tidak terjadi alergi adalah kenali alergen dan hindari paparannya. Apabila Anda memiliki Riwayat alergi, sebaiknya bawalah obat pribadi anti alergi seperti Alerhis di dalam tas saat bepergian.

Baca juga: Sedikit makan daging, risiko stroke berkurang


Baca juga: Ini dia cara bedakan batuk pilek karena alergi atau infeksi

Read More

About admin

Check Also

6 Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Merusak Mr P, Stop dari Sekarang! – detikHealth

6 Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Merusak Mr P, Stop dari Sekarang! – detikHealth

Jakarta - Penis merupakan organ terpenting bagi kaum pria. Secara umum, ada dua fungsi utama penis, yakni untuk mengeluarkan cairan urine dari dalam tubuh dan sebagai alat untuk proses berhubungan seksual.Namun, banyak pria yang tidak menyadari bahwa kebiasaan-kebiasaan tertentu dapat memberi pengaruh buruk untuk penis. Bahkan kebiasaan ini kerap dilakukan sehari-hari, lho.Wahai pria, ini 5…