Breaking News
Home / Politics / ‘Fenomena Fajar’ pada Penderita Diabetes, Sudah Tau Belum? – Baca Pesan – baca pesan

‘Fenomena Fajar’ pada Penderita Diabetes, Sudah Tau Belum? – Baca Pesan – baca pesan

JAKARTA, BACAPESAN.COM – Mereka yang hidup dengan diabetes, harus lebih aktif dalam mengontrol kadar gula dalam darah mereka.

Meminum obat, menggunakan insulin, membatasi atau menghindari konsumsi makanan atau minuman tertentu, adalah sesuatu yang tak terhindarkan.

Namun tidak semua orang tau, bahwa pada penderita diabetes, ada sebuah fenomena bernama “dawn effect”, atau efek fajar dalam bahasa Indonesia.

Menurut Healthline, efek ini sebagai penyebab terjadinya lonjakan gula darah seseorang, antara 2 pagi hingga pukul 8.

Lonjakan gula darah ini sendiri, terjadi akibat beberapa faktor. Pelepasan hormon tertentu oleh tubuh di pagi hari, dapat meningkatkan resistensi insulin, ketidakcukupan insulin, menyebkan lonjakan yang tidak diinginkan.

Untungnya efek fajar ini bukan tanpa solusi. Karena menurut ahli, banyak cara yang bisa ditempuh untuk mengendalikannya.

Berikut yang bisa Anda lakukan untuk memerangi efek fajar pada penderita diabetes:


• Makan cemilan kaya serat namun rendah lemak sebelum tidur.


• Selain snack berbahan gandum utuh, Anda juga bisa mencoba apel yang dicocol ke selai kacang.

Dengan menyantapnya dalam jumlah yang sedang, makanan di atas mampu mencegah kadar gula dari dari lonjakan yang tidak diinginkan.

Namun ingat bahwa terlalu banyak ngemil sebelum tidur, justu akan kontra produktif jika Anda memiliki masalah gula darah.

Pada kasus lain, dokter biasanya akan menganjurkan penggunaan insulin tambahan, insulin yang hanya disuntikan menjelang tidur.

Bolehkah Makan Kacang jika Diabetes

Bolehkah makan selai kacang jika diabetes, adalah salah satu pertanyaan yang kerap banyak ditanya orang.

Bicara sarapan, maka salah satu menu yang paling umum ditemui orang, adalah roti dan selai kacang.

Tidak hanya populer di lidah orang dewasa, makan selai kacang juga diminati oleh anak-anak segala usia. Pertanyaannya, bolehkah makan selai kacang jika diabetes?

Well, menurut pakar gizi, bagaimana makan selai kacang mempengaruhi kesehatan orang, akan sangat tergantung, dari cara orang mengkonsumsinya. Bagaimana jika diabetes? (fin/*)

Read More

About admin

Check Also

6 Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Merusak Mr P, Stop dari Sekarang! – detikHealth

6 Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Merusak Mr P, Stop dari Sekarang! – detikHealth

Jakarta - Penis merupakan organ terpenting bagi kaum pria. Secara umum, ada dua fungsi utama penis, yakni untuk mengeluarkan cairan urine dari dalam tubuh dan sebagai alat untuk proses berhubungan seksual.Namun, banyak pria yang tidak menyadari bahwa kebiasaan-kebiasaan tertentu dapat memberi pengaruh buruk untuk penis. Bahkan kebiasaan ini kerap dilakukan sehari-hari, lho.Wahai pria, ini 5…