Breaking News
Home / Politics / 6 Bahan Alami yang Bantu Redakan Batuk Pilek karena Omicron – Bisnis.com

6 Bahan Alami yang Bantu Redakan Batuk Pilek karena Omicron – Bisnis.com

Bisnis.com, SOLO – Selain demam dan sakit tenggorokan, batuk dan pilek juga menjadi gejala yang kerap muncul saat seseorang terinfeksi Covid-19 varian Omicron.

Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Tak melulu dengan obat, Anda bisa mengandalkan sejumlah bahan alami untuk meredakan atau meringankan gejala-gejala tersebut.

Selengkapnya, berikut tujuh bahan alami pereda batuk dan pilek.

1. Bawang putih

Batuk dan pilek bisa dipicu oleh beberapa hal, misalnya saja infeksi virus atau bakteri, dan alergi. Sementara itu, dilansir dari Healthline, bawang putih memiliki efek antibakteri, antivirus, dan antijamur. Sejumah riset pun menyebut, suplemen ekstrak bawang putih bisa meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, serta menurunkan tingkat keparahan batuk dan pilek.

2. Madu

Sama seperti bawang putih, madu juga mengandung antibakteri. Beberapa penelitian pun menunjukkan bahwa madu dapat merangsang sistem kekebalan tubuh. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa madu tak boleh diberikan pada anak di bawah usia 12 bulan karena ia mengandung bakteri clostridium yang berbahaya untuk bayi.

3. Teh

Mengonsumsi teh hangat bisa melegakan tenggorokan dan membantu melonggarkan lendir. Selain itu, teh juga mempunya sifat antiinflamasi dan antimikroba yang sangat baik untuk penyembuhan.

4. Yoghurt

Tidak hanya membantu sistem pencernaan, tekstur yoghurt yang lembut bisa membantu membuat tenggorokan merasa nyaman, terlebih saat mengalami batuk parah.

5. Kunyit

Curcumin yang mana merupakan senyawa alami dalam kunyit adalah senyawa anti-inflamasi. Ia telah terbukti meningkatkan aktivitas sel kekebalan tubuh dan meningkatkan respons antibodi.

6. Jahe

Jahe juga memiliki sifat anti-inflamasi. Pengonsumsian jahe dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga membantu Anda terhindar dari penyakit.

Simak Video Pilihan di
Bawah Ini :


Konten Premium

Masuk / Daftar

Read More

About admin

Check Also

6 Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Merusak Mr P, Stop dari Sekarang! – detikHealth

6 Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Merusak Mr P, Stop dari Sekarang! – detikHealth

Jakarta - Penis merupakan organ terpenting bagi kaum pria. Secara umum, ada dua fungsi utama penis, yakni untuk mengeluarkan cairan urine dari dalam tubuh dan sebagai alat untuk proses berhubungan seksual.Namun, banyak pria yang tidak menyadari bahwa kebiasaan-kebiasaan tertentu dapat memberi pengaruh buruk untuk penis. Bahkan kebiasaan ini kerap dilakukan sehari-hari, lho.Wahai pria, ini 5…