Breaking News
Home / Bussines / Resmikan Pabrik Baja Canggih di Cilegon, Jokowi: Cuma Ada 2 di Dunia! – detikFinance

Resmikan Pabrik Baja Canggih di Cilegon, Jokowi: Cuma Ada 2 di Dunia! – detikFinance

Jakarta

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pagi ini meresmikan pabrik industri baja di Cilegon, Banten. Pabrik yang bernama Hot Strip Mill 2 itu milik PT Krakatau Steel Tbk (KRAS).

Pabrik yang memproduksi baja canai panas atau hot rolled coil (HRC) ini menggunakan teknologi 4.0 terbaru di industri baja. Bahkan pabrik baja dengan teknologi ini hanya ada 2 di dunia, yakni di Indonesia dan Amerika Serikat.

“Hadirin yang berbahagia hari ini kita akan saksikan peresmian Hot Strip Mill 2 dari PT Krakatau Steel yang menggunakan teknologi modern dan terbaru di industri baja. Hanya ada dua di dunia, pertama di Amerika Serikat dan yang kedua di Indonesia yaitu di Krakatau Steel,” tuturnya dilansir dari akun Youtube Sekretariat Presiden, Senin (21/9/2021).

“Tadi saya sudah melihat ke dalam proses produksinya betul-betul memang teknologi tinggi,” tambahnya.

Jokowi menerangkan, pabrik ini memiliki kapasitas produksi HRC sebesar 1,5 juta ton per tahun. Pabrik ini merupakan pabrik pertama di Indonesia yang mampu menghasilkan HRC kualitas premium dan tertipis di Indonesia.

“Produksinya akan terus kita tingkatkan hingga nanti mencapai 4 juta ton per tahun,” ucapnya.

Dengan beroperasinya pabrik baja Hot Strip Mill 2 milik Krakatau Steel ini, Jokowi berharap bisa memenuhi kebutuhan baja dalam negeri. Sehingga tidak ada lagi alasan impor baja yang dilakukan.

“Sehingga sekali lagi akan menekan angka impor baja negara kita yang saat ini berada pada peringkat kedua komoditas impor Indonesia. Sehingga kita harapkan nanti bisa menghemat devisa hingga Rp 29 triliun per tahun, ini angka yang sangat besar sekali,” tuturnya.

(das/zlf)

Read More

About admin

Check Also

Heboh Mobil Toyota Kijang Innova Seliweran di Jalan Raya Inggris – VIVA – VIVA.co.id

Heboh Mobil Toyota Kijang Innova Seliweran di Jalan Raya Inggris – VIVA – VIVA.co.id

VIVA – Toyota Kijang Innova baru-baru ini heboh di media sosial, karena foto-fotonya sedang berjalan di jalan raya Inggris. Mobil berjenis Multi Purpose Vehicle, atau MPV itu juga menggunakan pelat nomor dari negara tersebut. Berdasarkan unggahan foto di Platesmania, dikutip VIVA Otomotif Selasa 21 September 2021, Kijang Innova berwarna hitam tersebut disematkan pelat nomor bertuliskan FXI0 MWC dengan warna dasar kaleng…