Breaking News
Home / Politics / 10 Cara Menjaga Kesehatan Khusus Pengidap Diabetes, Tetap Bisa Menikmati Manis | merdeka.com – merdeka.com

10 Cara Menjaga Kesehatan Khusus Pengidap Diabetes, Tetap Bisa Menikmati Manis | merdeka.com – merdeka.com

10 Cara Menjaga Kesehatan Khusus Pengidap Diabetes, Tetap Bisa Menikmati ManisIlustrasi diabetes. Shutterstock/donskarpo

Merdeka.com – Menjaga kesehatan khusus pengidap diabetes memang diperketat dalam urusan makanan yang dikonsumsi. Namun karena Anda menderita diabetes tipe 2, bukan berarti tidak bisa membiarkan sesuatu yang manis tak bisa dinikmati lagi.

Melalui penyusunan strategi, ada cara untuk memuaskan keinginan penderita diabetes dari waktu ke waktu. Menurut American Diabetes Association (ADA), jika ingin benar-benar memasukkan permen tidak apa, selama ada perumusan rencana makan yang tepat.

Rasa khawatir dan ketidaknyamanan dalam menyantap makanan, diduga membuat penderita merasa tertekan. Itulah sebabnya mereka harus dinikmati dalam ukuran porsi yang diperkecil sebagai suguhan sesekali.

Terutama penderita diabetes tipe 2, tubuh tidak mampu menggunakan insulin secara efisien dalam memindahkan glukosa dari darah ke dalam sel, digunakan sebagai energi. Sehingga harus memastikan kadar glukosa tidak melonjak terlalu tinggi.

Berikut beberapa cara menjaga kesehatan khusus pengidap diabetes, tapi tetap bisa menikmati makanan manis.

Biarkan Diri Anda Sesekali Menikmati

Cara menjaga kesehatan bagi penderita diabetes yang pertama, ialah membiarkan diri Anda menikmati manisnya makanan penutup sesekali. Pastikan dengan porsi kecil dan asupan nutrisi berbagai senyawa penting dan vitamin yang lebih banyak.

Melansir dari Everydayhealth, merampas makanan manis seutuhnya kemungkinan kurang berhasil. Menurut Joslin Diabetes Center di Boston, menghilangkan sepenuhnya dari diet, bisa menjadi bumerang dan mungkin lebih menginginkan makanan itu.

ilustrasi makan sehat

Shutterstock/lightwavemedia

Misalnya, jika Anda berencana untuk menyantap hidangan penutup, lewati roti, pasta, atau kentang tumbuk saat makan malam. Cara menjaga kesehatan bagi penderita diabetes demi bisa menikmati manis dengan santai melalui rencana makan yang seimbang.

Pertimbangkan berapa banyak karbohidrat yang Anda dapatkan dalam makanan. Menurut Asosiasi Spesialis Perawatan dan Pendidikan Diabetes (ADCES), pastikan makanan seimbang dengan makanan lain.

Total karbohidratitu harus menjadi faktor dalam perhitungan dengan apa yang disantap setiap hari.

ilustrasi depresi

©2013 Merdeka.com/Shutterstock/MitarArt

Cara menjaga kesehatan bagi penderita diabetes berikutnya bisa dengan mengelola stres secara baik. Sebab stres yang berlebihan bisa menyebabkan kadar gula darah meningkat akibat pelepasan kortisol alias hormon stres.

Dilansir dari Hellosehat, stres cenderung membuat pengidap diabetes berkeinginan untuk terus makan makanan yang manis (tinggi gula) lebih banyak. Sebagai cara mudahnya bisa melakukan yoga, penenangan diri, melakukan hobi, dan sebagainya. Sehingga Anda bisa menikmati porsi manis dengan lebih aman sesekali.

Mengonsumsi Suplemen

Cara menjaga kesehatan demi mengontrol gula darah dengan mengonsumsi asupan vitamin dan mineral. Sebenarnya tidak wajib, selama asupan makanan bernutrisi sudah bisa memenuhi kebutuhan gizi sehari-hari.

Demi menjaga tubuh yang sehat dan membantu menjaga kadar gula darah, bisa mengonsumsi suplemen seperti magnesium, vitamin C, D, dan E.

bersoda

©2019 Merdeka.com/Pixabay

Cara menjaga kesehatan khusus penderita diabetes selanjutnya dengan menghindari minuman cepatjuga teh kemasan. Semua jenis minuman kemasan tersebut mengandung ratusan kalori yang tidak baik.

Menurut Veronica Brady, asisten profesor Pusat Ilmu Kesehatan Universitas Texas menyarankan untuk mengganti dengan minuman dari irisan lemon atau jeruk nipis atau air yang diresapi buah.

buahan asam

© Wallpapershome.com

Cara menjaga kesehatan bagi penderita diabetes, namun tetap bisa menikmati manis tentunya memfokuskan pada konsumsi buah. Selain memuaskan lidah dan gigi dengan rasa manis, buah memberi bonus tambahan sehat.

Dikutip dari Everydayhealth, buah memiliki serat yang sangat membantu. Karena membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna dan cenderung tidak menyebabkan peningkatan gula darah dengan cepat.

Meski begitu, penting untuk tetap memperhatikan porsi dan kandungan gula saat makan buah. Hal ini khusus bagi Anda yang ingin konsumsi buah kering dan smoothies.

Istirahat yang Cukup

Cara menjaga kesehatan berikutnya dengan menjaga istirahat yang cukup. Mengutip dari Hellosehat, kurang tidur akan membuat kualitas hidup Anda terpengaruh dan menganggu sekresi atau pelepasan insulin. Idealnya tidur sekitar 7 hingga 9 jam per hari.

Istirahat yang cukup akan menyeimbangkan hormon, menghindari stres, serta memiliki cukup energi untuk beraktivitas. Sehingga kadar gula darah dapat terkendali.

ilustrasi minyak ikan

©Shutterstock.com/Kritchanut

Demi mengontrol kadar gula darah, cara menjaga kesehatan selanjutnya dengan perbanyak konsumsi omega-3. Dilansir dari Halodoc, minyak ikan baik untuk jantung dan bisa menjadi alternatif yang baik.

Anda bisa mulai mengonsumsi ikan sarden, tuna, atau salmon untuk meningkatkan kesehatan bagi pengidap diabetes tipe 2, dengan menurunkan lemak darah (trigliserida).

Perhatikan Kesehatan Kaki

Cara menjaga kesehatan khusus penderita diabetes sangat penting dengan memperhatikan kesehatan kaki. Mengutip dari Dokter.id, kaki sangat rentan terhadap kerusakan saraf dan gangguan sirkulasi akibat diabetes yang Anda alami.

Hal tersebut membuat Anda lebih mudah mengalami luka dan sulit sembuh. Luka yang tak kunjung sembuh dan semakin dalam, akan membuat Anda kehilangan kaki atau amputasi.

Langkah mudahnya, Anda bisa teratur mengenakan kaus kaki dan sepatu yang nyaman, guna menghindari gesekan. Serta rutin mengecek keadaan kaki dari iritasi kulit dan lecet.

012 tantri setyorini

©2018 Merdeka.com/Pexels

Cara menjaga kesehatan berikutnya dengan teratur memeriksakan kondisi mata. Masih dari lansiran yang sama, diabetes menjadi penyebab utama kebutaan di Amerika. Selain itu, seorang penderita diabetes lebih rentan terhadap katarak dan penglihatan ganda.

Beberapa jenis gangguan mata bisa diobati bila diketahui sejak dini. Salah satu gangguan mata yang paling berat ialah retinopati, penyakit yang disebabkan oleh perdarahan di bagian belakang mata. Menyebabkan pandangan menjadi kabur dan menimbulkan luka parut permanen di retina.

Itulah beberapa cara menjaga kesehatan khusus penderita diabetes yang patut diketahui. Beberapa hal sederhana yang rutin dilakukan demi menjaga kadar gula darah, serta tetap bisa mengonsumsi yang manis secara aman. Salam sehat dan selamat mencoba.

[kur]

Baca Selanjutnya: Biarkan Diri Anda Sesekali Menikmati…

Read More

About admin

Check Also

JADI Orang Pertama yang Sembuh dari HIV, Takdir Pria Ini Justru Meninggal Akibat Penyakit Ganas Lain – Tribun Newsmaker

TRIBUNNEWSMAKER.COM - Kisah hidup seorang Timothy Ray Brown mendadak ramai diperbincangkan publik. Bagaimana tidak sosok Timothy Ray Brown kini tengah menjadi harapan baru bagi para penderita HIV di seluruh dunia. Timothy Ray Brown dikenal sebagai 'pasien Berlin' yang menjadi orang pertama yang sembuh dari HIV. Namun sayang takdir tak berpihak pada Timothy Ray Brown. Berhasil sembuh…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *