Breaking News
Home / Politics / Merdeka dari Covid-19 dengan Tes Serologi Harga Terjangkau – Investor Daily

Merdeka dari Covid-19 dengan Tes Serologi Harga Terjangkau – Investor Daily

JAKARTA, investor.id – Masyarakat di seluruh dunia termasuk Indonesia sampai saat ini masih terus berhadapan dengan pandemi Covid-19. Hingga diberlakukannya vaksin, masyarakat masih harus hidup berdampingan dengan virus corona dan tetap menjalankan prosedur kesehatan terkait Covid-19 antara lain memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, hingga menjaga kesehatan diri dan juga melakukan tes rapid dan PCR Swab secara mandiri yang bertujuan untuk melakukan deteksi Covid-19.

Sebagai bagian dari rangkaian peringatan HUT ke-75 RI, Siloam Hospitals Group bersinergi dengan unit usaha yang berada di bawah naungan Lippo Group meluncurkan program ‘Merdeka dari Covid-19’ yang juga bertujuan untuk menyediakan layanan kesehatan yang terjangkau bagi masyarakat. Program yang berlangsung hingga 18 September 2020 ini menawarkan pilihan paket tes serologi antibodi dengan harga terjangkau yaitu Rp 120 ribu.

Adapun unit usaha Lippo Group yang turut mendukung program tersebut antara lain Lippo General Insurance, Bank Nobu, Lippo Mall Indonesia, Matahari Department Store, Hypermart, First Media, Berita Satu, dan Maxx Coffee.

Chief Commercial Marketing Director Director Siloam Hospitals Group Varun Khanna
Chief Commercial Marketing Director Director Siloam Hospitals Group Varun Khanna

Chief Commercial Marketing Director Director Siloam Hospitals Group Varun Khanna mengatakan Covid-19 telah mempengaruhi berbagai sendi kehidupan di dunia, tak terkecuali di Indonesia. Selama ini pun, Siloam Hospitals Group terus meningkatkan kemampuan, pelayanan, dan tes dalam penanganan Covid-19.

Untuk itu, Siloam Hospitals Group bersinergi dengan unit usaha Lippo Group lainya memberikan hal terbaik untuk setiap masyarakat Indonesia dalam mengatasi pandemi Covid-19. Dengan menghadirkan tes serologi dengan harga yang terjangkau.

“Kami telah melakukan tes serologi sebanyak 200 ribu. Dalam sehari melakukan 10 ribu,” ucapnya di sela konferensi pers virtual ‘Merdeka dari Covid-19’, Selasa (1/9).

Dokter spesialis patologi klinik Siloam Hospitals Group dr Tandry Meriyanti SpPK
Dokter spesialis patologi klinik Siloam Hospitals Group dr Tandry Meriyanti SpPK

Dokter spesialis patologi klinik Siloam Hospitals Group dr Tandry Meriyanti SpPK menjelaskan tes serologi antibodi SARS-CoV-2 berbasis lab merupakan tes antibodi total yang relatif cepat dan berakurasi tinggi, serta dapat dilakukan baik di rumah sakit maupun di luar rumah sakit (mobile testing atau onsite/di tempat).

Sama seperti tes rapid, tes serologi antibodi ini mendeteksi antibodi seseorang untuk mengetahui apakah seseorang terinfeksi oleh SARS-CoV-2 atau belum. Namun, tes serologi antibodi tersebut memiliki kelebihan karena pengerjaan tes dan deteksinya dilakukan oleh instrumen robotik. Hal ini membuat tingkat sensitivitas mencapai 100% yang berarti hampir tidak ada kasus positif yang tidak terdeteksi.

Selain sensitivitas yang tinggi, tambah dr Tandry, keunggulan lain dari tes serologi antibodi ini adalah tingkat spesifisitas lebih dari 99.81% dan tanpa gangguan atau cross reaksi dari virus flu biasa dan coronavirus lain selain SARS-CoV-2. Dengan demikian, tes ini dapat mendeteksi antibodi yang timbul dari paparan SARS-CoV-2 atau Covid-19 secara lebih pasti. Untuk itu, tes serologi antibodi cukup praktis, memberikan hasil objektif dan kapasitas besar, sehingga bisa digunakan untuk surveilans.

“Saat ini, kami banyak melakukan tes serologi. Kebanyakan dari perusahaan yang ingin melakukan skrining berkala untuk karyawan mereka, karena pemeriksaan ini cukup baik dan terjangkau,” jelasnya.

Deputy Presiden Komisaris Multipolar Tbk Roy Mandey
Deputy Presiden Komisaris Multipolar Tbk Roy Mandey

Sementara itu, Deputy Presiden Komisaris Multipolar Tbk Roy Mandey menambahkan Merdeka dari Covid-19 merupakan bentuk sinergi dari berbagai perusahaan di bawah Lippo Group untuk membantu pemerintah mengatasi penularan Covid-19 dengan memberikan harga khusus, yaitu Rp 120 ribu. Tidak hanya itu, bagi mereka yang melakukan es ini akan mendapatkan berbagai keuntungan lan dari berbagai unit bisnis Lippo Group.

Dengan memakai QRIS dari Bank Nobu, pembelian paket tes serologi antibodi seharga Rp 120.000 sudah termasuk asuransi My Health Protection dari Lippo Insurance yang akan memberikan santunan rawat inap apabila hasil reaktif dan harus di rawat di rumah sakit rujukan Covid-19 yaitu sebesar Rp 100.000/hari selama 14 hari.

Selain itu, mendapatkan gratis berlangganan ePaper Investor Daily dan Suara Pembaruan, diskon produk khusus dari Matahari Department Store, Hypermart, Foodmart, voucher dari Maxx Coffee.

Roy menambahkan benefit tambahan bagi member First Media, serta extra point yang dapat ditukarkan pada jejaring Lippo Mall, antara lain Lippo Mall Puri, Lippo Mall Kemang Village, Lippo Plaza Kebun Raya Bogor dan lainnya.

“Berbagai benefit tersebut kami berikan sebagai tanda apresiasi terhadap masyarakat yang mengutamakan kesehatan mereka dengan melakukan tes serologi antibodi pada masa pandemi Covid-19 ini. Harapan kita semua tentunya dengan semakin banyaknya masyarakat yang melakukan tes, kita dapat bersama-sama memutus rantai penyebaran virus corona,” tutup Roy. 

Editor : Gora Kunjana ([email protected])

Sumber : Investor Daily

Read More

About admin

Check Also

JADI Orang Pertama yang Sembuh dari HIV, Takdir Pria Ini Justru Meninggal Akibat Penyakit Ganas Lain – Tribun Newsmaker

TRIBUNNEWSMAKER.COM - Kisah hidup seorang Timothy Ray Brown mendadak ramai diperbincangkan publik. Bagaimana tidak sosok Timothy Ray Brown kini tengah menjadi harapan baru bagi para penderita HIV di seluruh dunia. Timothy Ray Brown dikenal sebagai 'pasien Berlin' yang menjadi orang pertama yang sembuh dari HIV. Namun sayang takdir tak berpihak pada Timothy Ray Brown. Berhasil sembuh…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *