Breaking News
Home / Politics / Kasus Pertama, Pria Asal Hong Kong Terinfeksi Corona Dua Kali Halaman all – KOMPAS.com

Kasus Pertama, Pria Asal Hong Kong Terinfeksi Corona Dua Kali Halaman all – KOMPAS.com

KOMPAS.com – Para peneliti di Hong Kong mengidentifikasi kasus pertama reinfeksi (terinfeksi dua kali) Covid-19 di seluruh dunia pada Senin (24/8/2020).

Ini menimbulkan pertanyaan besar tentang seberapa besar kekebalan tubuh yang dihasilkan dari Covid-19 dan apakah kekebalan itu diperoleh secara alami atau hanya bisa dengan vaksin.

“Studi kami membuktikan bahwa kekebalan terhadap infeksi Covid-19 tidak seumur hidup. Faktanya, infeksi ulang terjadi cukup cepat,” kata Kelvin Kai-Wang To, seorang ahli mikrobiologi dari Fakultas Kedokteran Universitas Hong Kong seperti dilansir AFP, Selasa (25/8/2020).

Kelvin yang juga sebagai penulis utama studi menegaskan, pasien Covid-19 tak boleh berasumsi jika sudah sembuh mereka tidak akan terinfeksi lagi.

Baca juga: Pedoman Baru WHO soal Covid-19, Anak Usia 12 Tahun Wajib Pakai Masker

Bahkan, orang yang telah terbebas dari virus corona SARS-CoV-2 harus mempraktikkan jarak sosial, memakai masker, dan tetap rajin mencuci tangan dengan sabun.

Orang yang sudah sembuh dari Covid-19 juga harus segera diuji lagi jika gejala yang dicurigai muncul.

Dalam laporan Kelvin dan tim, kasus Covid-19 bisa menginfeksi orang dua kali setelah seorang warga Hong Kong yang berusia 33 tahun mendapati hasil tes usap PCR-nya positif awal bulan ini.

Dia melakukan pemeriksaan wajib awal bulan di bandara Hong Kong dalam perjalan kembali dari Eropa.

Hasi tes ini mengejutkan. Pasalnya, 4,5 bulan yang lalu pria tersebut terinfeksi SAR-CoV-2 dan sudah sembuh.

Dia dianggap memiliki kekebalan terhadap virus, terutama karena periode sembuhnya terhitung baru.




Read More

About admin

Check Also

6 Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Merusak Mr P, Stop dari Sekarang! – detikHealth

6 Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Merusak Mr P, Stop dari Sekarang! – detikHealth

Jakarta - Penis merupakan organ terpenting bagi kaum pria. Secara umum, ada dua fungsi utama penis, yakni untuk mengeluarkan cairan urine dari dalam tubuh dan sebagai alat untuk proses berhubungan seksual.Namun, banyak pria yang tidak menyadari bahwa kebiasaan-kebiasaan tertentu dapat memberi pengaruh buruk untuk penis. Bahkan kebiasaan ini kerap dilakukan sehari-hari, lho.Wahai pria, ini 5…