Breaking News
Home / Bussines / Kabar Gembira! Pabrik Korea Pindah ke RI, Buka 1.300 Lowongan – CNBC Indonesia

Kabar Gembira! Pabrik Korea Pindah ke RI, Buka 1.300 Lowongan – CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia – Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengklaim adanya potensi tambahan relokasi pabrik dari luar negeri dari negeri Korea Selatan. Pabrik asal Korea ini akan membuka usahanya di Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang, Jawa Tengah dengan investasi US$ 350 juta, dengan kebutuhan tenaga kerja 1.300 orang.

“Meskipun kebutuhan produk yang nantinya akan dihasilkan perusahaan di Indonesia sudah dapat dipenuhi oleh pemain yang ada. Namun alasan kami tetap mendukung perusahaan ini adalah karena hasil produksinya nanti 80% akan diekspor dan 20% sisanya mensuplai perusahaan afiliasi yang sudah lebih dahulu datang ke Indonesia. Jadi tidak akan mengganggu pasar yang ada,” ujar Bahlil dalam keterangan resmi, Jumat (14/8).

Sayangnya, nama perusahaan tersebut tidak dibeberkan secara jelas, melainkan hanya bocoran yakni perusahaan ini berminat melakukan diversifikasi usaha industri pengolahan bahan galian non logam ke Indonesia untuk mensuplai perusahaan afiliasinya di bidang otomotif yang sedang konstruksi di Indonesia.

Demi mendukung kelancaran usahanya, Kemarin (13/8), calon investor tersebut berkunjung ke KIT Batang untuk memastikan kesiapan kawasan. Beberapa hal yang menjadi pertimbangan perusahaan antara lain kesiapan lahan dan ketersediaan infrastruktur pendukung, termasuk suplai gas dan listrik.

Setelah kunjungan kemarin, perwakilan perusahaan akan segera melaporkan hasilnya ke kantor pusatnya di Korea Selatan. Jika berjalan sesuai rencana, dalam waktu dekat konsorsium pengembang KIT Batang dan perusahaan akan menandatangani kesepakatan untuk pembuatan rencana pengembangan kawasan dan utilitas pendukung utama.

Rencana investasi yang akan digelontorkan perusahaan asal Korea Selatan ini akan mencapai US$ 350 juta dan akan dilakukan dalam dua tahap. Secara keseluruhan, potensi penyerapan tenaga kerja Indonesia diperkirakan mencapai 1.300 orang.

“Pada prinsipnya, pemerintah Indonesia akan memenuhi kebutuhan perusahaan untuk dapat segera merealisasikan rencana investasinya ke Indonesia. Dalam kunjungan ini, kami melibatkan konsorsium pembangunan KIT Batang, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Batang dan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), agar semua pihak memiliki pemahaman yang sama atas pentingnya investasi ini segera direalisasikan,” jelas Bahlil.


[Gambas:Video CNBC]


(hoi/hoi)

Read More

About admin

Check Also

Heboh Mobil Toyota Kijang Innova Seliweran di Jalan Raya Inggris – VIVA – VIVA.co.id

Heboh Mobil Toyota Kijang Innova Seliweran di Jalan Raya Inggris – VIVA – VIVA.co.id

VIVA – Toyota Kijang Innova baru-baru ini heboh di media sosial, karena foto-fotonya sedang berjalan di jalan raya Inggris. Mobil berjenis Multi Purpose Vehicle, atau MPV itu juga menggunakan pelat nomor dari negara tersebut. Berdasarkan unggahan foto di Platesmania, dikutip VIVA Otomotif Selasa 21 September 2021, Kijang Innova berwarna hitam tersebut disematkan pelat nomor bertuliskan FXI0 MWC dengan warna dasar kaleng…