Breaking News
Home / Politics / Kemenkes Sebut Obat Tradisional Tidak Bisa Menyembuhkan Covid-19 | merdeka.com – merdeka.com

Kemenkes Sebut Obat Tradisional Tidak Bisa Menyembuhkan Covid-19 | merdeka.com – merdeka.com

Merdeka.com – Kepala Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional, Badan Litbang Kemenkes, Akhmad Saikhu menegaskan, penggunaan obat tradisional tidak dapat menyembuhkan Covid-19.

Menurutnya, satu-satunya obat corona adalah anti-virus berupa vaksin yang saat ini masih dalam proses penelitian.

“Jamu (obat tradisional) ini adalah untuk komorbit dari Covid-19, artinya bisa dipergunakan untuk meringankan gejala-gejala penyerta,” ujarnya, Rabu (5/8).

Dia menjelaskan, obat tradisional terdiri dari tiga kategori yaitu jamu, obat herbal terstandarisasi dan fitofarmaka. Obat-obat tersebut juga harus memenuhi syarat seperti tidak menimbulkan efek samping dan tidak mengganggu fungsi hati atau ginjal.

Akhmad menambahkan, soal mencampur ramuan-ramuan jamu atau oplosan, Kemenkes sudah mengeluarkan daftar ramuan yang dapat dikonsumsi secara langsung sehingga tidak berbahaya bagi kesehatan.

Meski begitu, dia mengimbau, masyarakat yang memang biasa mengonsumsi jamu, tetap meneruskan pengonsumsian selama jamu itu dapat meningkatkan daya tahan tubuh atau meringankan gejala penyakit.

“Untuk masa-masa Covid-19 ini, justru ditingkatkan saja takarannya,” tutupnya. [fik]

Read More

About admin

Check Also

JADI Orang Pertama yang Sembuh dari HIV, Takdir Pria Ini Justru Meninggal Akibat Penyakit Ganas Lain – Tribun Newsmaker

TRIBUNNEWSMAKER.COM - Kisah hidup seorang Timothy Ray Brown mendadak ramai diperbincangkan publik. Bagaimana tidak sosok Timothy Ray Brown kini tengah menjadi harapan baru bagi para penderita HIV di seluruh dunia. Timothy Ray Brown dikenal sebagai 'pasien Berlin' yang menjadi orang pertama yang sembuh dari HIV. Namun sayang takdir tak berpihak pada Timothy Ray Brown. Berhasil sembuh…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *