Breaking News
Home / Politics / Survei: Tingkat Kecemasan Pada Penyintas Kanker Akibat COVID-19 Rendah – Liputan6.com

Survei: Tingkat Kecemasan Pada Penyintas Kanker Akibat COVID-19 Rendah – Liputan6.com

Liputan6.com, Jakarta – Survei Dampak Pandemi COVID-19 Pada Penyintas Kanker menunjukkan rendahnya tingkat kecemasan yang dialami penyintas kanker selama masa pandemi.

Survei ini dilakukan secara daring pada 355 responden yang seluruhnya adalah penyintas kanker berusia 40 sampai 59 tahun. Dilakukan pada 1 hingga 8 Juli 2020 dengan tujuan mengetahui pengetahuan, sikap, perilaku dan kecemasan penyintas kanker terhadap COVID-19.

“Kita menggunakan stress thermometer, mereka tinggal menjawab pertanyaan dengan yes atau no kemudian kami nilai tingkat stresnya,” ujar peneliti utama, dr. Elisna Syahruddin, PhD, Sp.P(K)Onk dalam webminar Lungtalk IPKP, Sabtu (1/8/2020).

Survei menunjukkan, penyintas kanker dengan tingkat kecemasan tinggi itu hanya 6.6 persen.

“Kalau kecemasan ditanya pada orang kanker, kecemasan itu sudah ada sejak awal, jadi mereka sudah enteng dengan ini. Wajar tingkat cemasnya tidak berat karena saat dinyatakan kanker dia sudah berlatih dengan stres tingkat tinggi, saat sebelum dan sesudah diagnosis pasti dia stres.”

Pada akhirnya, tambah Elisna, penyintas kanker memiliki kemampuan meredam stres yang baik dan cenderung tenang menghadapi pandemi ini.

“Tapi kecemasan tetap ada, seperti takut terinfeksi dan takut proses terapinya terganggu.”

Read More

About admin

Check Also

JADI Orang Pertama yang Sembuh dari HIV, Takdir Pria Ini Justru Meninggal Akibat Penyakit Ganas Lain – Tribun Newsmaker

TRIBUNNEWSMAKER.COM - Kisah hidup seorang Timothy Ray Brown mendadak ramai diperbincangkan publik. Bagaimana tidak sosok Timothy Ray Brown kini tengah menjadi harapan baru bagi para penderita HIV di seluruh dunia. Timothy Ray Brown dikenal sebagai 'pasien Berlin' yang menjadi orang pertama yang sembuh dari HIV. Namun sayang takdir tak berpihak pada Timothy Ray Brown. Berhasil sembuh…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *