Breaking News
Home / Politics / Survei: Mayoritas Warga Surabaya Cenderung Anggap Enteng Risiko Terkena Covid-19 – Kompas.com – KOMPAS.com

Survei: Mayoritas Warga Surabaya Cenderung Anggap Enteng Risiko Terkena Covid-19 – Kompas.com – KOMPAS.com

SURABAYA, KOMPAS.com – Sebagian besar warga Kota Surabaya, Jawa Timur, percaya risiko terinfeksi virus corona baru atau Covid-19 cenderung kecil.

Hal itu terlihat dalam survei yang dilakukan Lapor Covid-19 (laporcovid-19.org) bersama Social Resilience Lab Nanyang Technological University, Singapura.

Associate Profesor Sosiologi Bencana Nanyang Technological University (NTU) Singapura Sulfikar Amir mengatakan, persepsi risiko Covid-19 di Surabaya rendah.

Sulfikar menjelaskan, sebanyak 36 persen responden di Surabaya percaya risiko dirinya terjangkit Covid-19 sangat kecil.

Sedangkan 23 persen responden menjawab risiko terjangkit Covid-19 kecil, 25 persen menjawab sedang, dan 10 persen menjawab tinggi.

Baca juga: Tangis Risma di Pemakaman Kepala DP5A Surabaya: Terima Kasih Sudah Memberikan Semuanya

Berdasarkan data itu, persepsi risiko terjangkit Covid-19 di Surabaya bisa dibilang rendah. Jika dijumlahkan, responden yang menjawab risiko terjangkit sangat kecil dan kecil sebanyak 59 persen.

“Untuk level individu, persepsi risikonya itu bisa dibilang rendah. Karena ada sekitar 59 persen responden di Surabaya mengatakan kemungkinan mereka terpapar Covid-19 adalah sangat kecil dan kecil,” kata Sulfikar dalam Webinar Lapor Covid-19 melalui aplikasi Zoom, Kamis (16/7/2020).

Sulfikar menyebut, temuan itu lebih baik jika dibandingkan dengan DKI Jakarta. Sebanyak 77 persen responden di DKI Jakarta menjawab risiko terjangkit Covid-19 sangat kecil dan kecil.

Selain itu, jika ditinjau dari aspek persepsi risiko, sebagian besar warga Surabaya cenderung menganggap Covid-19 tak berbahaya.

“Di Surabaya sebenarnya bisa dibilang masih sangat rendah persepsi risikonya. Karena ada sekitar 59 persen. Jadi mayoritas responden warga Surabaya cenderung menganggap enteng kemungkinan mereka terkena Covid-19,” ujar Sulfikar.

Sebagian besar responden, kata dia, juga tak percaya keluarga atau orang terdekat mereka terpapar Covid-19.



Read More

About admin

Check Also

JADI Orang Pertama yang Sembuh dari HIV, Takdir Pria Ini Justru Meninggal Akibat Penyakit Ganas Lain – Tribun Newsmaker

TRIBUNNEWSMAKER.COM - Kisah hidup seorang Timothy Ray Brown mendadak ramai diperbincangkan publik. Bagaimana tidak sosok Timothy Ray Brown kini tengah menjadi harapan baru bagi para penderita HIV di seluruh dunia. Timothy Ray Brown dikenal sebagai 'pasien Berlin' yang menjadi orang pertama yang sembuh dari HIV. Namun sayang takdir tak berpihak pada Timothy Ray Brown. Berhasil sembuh…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *