Breaking News
Home / Bussines / BEI akan meluncurkan indeks saham baru di bulan Agustus – Investasi Kontan

BEI akan meluncurkan indeks saham baru di bulan Agustus – Investasi Kontan

Jajaran direksi PT Bursa Efek Indonesia usai melakukan konferensi pers secara virtual, Selasa (30/6).

Reporter: Kenia Intan | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. PT Bursa Efek Indonesia (BEI) berencana meluncurkan indeks saham baru paling lambat bulan Agustus 2020 ini. Indeks bernama IDX Quality 30 itu akan berisi 30 emiten dengan tingkat value investing tinggi dinilai dari rasio kelayakan fundamentalnya.

” Konstituennya adalah 30 perusahaan yang universe-nya atau bahan awalnya diambil dari penghuni IDX80,” jelas Direktur Pengembangan BEI Hasan Fawzi dalam konferensi pers yang digelar secara virtual. Selasa (30/6).

Lebih lanjut Hasan menjelaskan, konstituen indeks itu mempertimbangkan variabel-variebel fundamental seperti rasio Return On Equity (ROE), Debt to Equity Ratio (DER), Earning Ratio, profitabilitas, struktur permodalan, dan stabilitas pendapatan.

Baca Juga: BEI: Total rencana buyback emiten mencapai Rp 4,3 triliun saat ini

Hasan memaparkan indeks ini telah dipersiapkan secara internal. BEI juga telah melakukan hearing dan memperoleh masukan dari beberapa pihak. Salah satunya dari kalangan buy side yakni Manajer Investasi. Sejauh ini, lanjut Hasan, tanggapannya cukup baik.

” Dari proses back testing selama simulasi lima tahun data ke belakang, performance indeks ini outperform dari indeks-indeks headline kita yang utama, seperti IDX30 mupun indeks-indeks yang kemarin baru kita luncurkan IDX Value dan IDX Growth,” imbuhnya.

Selain IDX Quality 30, saat ini BEI juga menggarap indeks lain yang berada dalam kelompok tematik green investment atau indeks hijau. Konstituen indeks itu nantinya akan disaring berdasar rating atau scoring pemenuhan kriteria environmental, social, and governance (ESG).

Hasan menambahkan, pihaknya telah menggandeng mitra untuk melakukan scoring ESG terhadap konstituen penghuni IDX80. Dari 80 konstituen itu, rencananya akan dikerucutkan menjadi 30 emiten dengan peringkat tertinggi.

Baca Juga: IHSG menguat tipis, ini 10 saham paling banyak dikoleksi asing Senin (30/6)

” Jadi, akan ada leaders ESG dalam waktu dekat,” jelasnya lagi. Indeks bertema ESG ini diperkirakan akan meluncur sebelum akhir tahun.

Adapun dalam menentukan konstituen itu bursa menggandeng mitra global. Sehingga diharapkan indeks ESG  tidak hanya menarik minat investor lokal, tetapi juga global.

Hasan berharap indeks ini terus diminati nantinya, mengingat kriteria saham yang ramah lingkungan menjadi tren kebutuhan pengembangan investasi selama ini.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.






Reporter: Kenia Intan

Editor: Yudho Winarto

Read More

About admin

Check Also

Heboh Mobil Toyota Kijang Innova Seliweran di Jalan Raya Inggris – VIVA – VIVA.co.id

Heboh Mobil Toyota Kijang Innova Seliweran di Jalan Raya Inggris – VIVA – VIVA.co.id

VIVA – Toyota Kijang Innova baru-baru ini heboh di media sosial, karena foto-fotonya sedang berjalan di jalan raya Inggris. Mobil berjenis Multi Purpose Vehicle, atau MPV itu juga menggunakan pelat nomor dari negara tersebut. Berdasarkan unggahan foto di Platesmania, dikutip VIVA Otomotif Selasa 21 September 2021, Kijang Innova berwarna hitam tersebut disematkan pelat nomor bertuliskan FXI0 MWC dengan warna dasar kaleng…