Breaking News
Home / Bussines / Elon Musk, SpaceX, dan Impiannya Membuat Koloni di Mars – Kompas.com – KOMPAS.com

Elon Musk, SpaceX, dan Impiannya Membuat Koloni di Mars – Kompas.com – KOMPAS.com

KOMPAS.com – Banyak orang bermimpi untuk pergi ke luar angkasa, pindah ke planet lain, atau bahkan membangun sebuah koloni di sana. Namun, tak banyak orang yang bisa mewujudkannya.

Ide futuristik itu salah satunya keluar dari otak seorang pria pembuat game software pertamanya pada usia 12 tahun: Elon Musk.

Lahir di Afrika Selatan pada 28 Juni 1971, Elon Musk mengalami masa kecil yang kurang menyenangkan. Ia kerap mengalami bully sampai usianya 15 tahun.

Orangtua Elon Musk bercerai saat usianya 10 tahun. Ibundanya, Maye Musk, adalah seorang model asal Kanada. Ia memiliki lima pekerjaan sekaligus untuk bisa menghidupi Elon dan dua saudaranya. Sementara sang ayah, Errol Musk, adalah seorang insinyur kenamaan Afrika Selatan.

Baca juga: Elon Musk Pamerkan Roket Terbaru SpaceX yang Bergaya Retro

Pada usia 17 tahun, Elon Musk pindah ke Kanada. Pada 1992, ia belajar bisnis dan fisika di University of Pennsylvania kemudian melanjutkan studinya pada jurusan fisika energi di Stanford University.

Di sanalah ia memulai perusahaan pertamanya, Zip2 Corporation yang kemudian menyediakan konten untuk situs berita seperti New York Times dan Chicago Tribune. Elon dan adiknya, Kimbal Musk, kemudian membuat perusahaan X.com yang kemudian menjadi PayPal.

Adalah pada 2002 Elon Musk menciptakan perusahaan ketiganya, Space Exploration Technologies Corporation ( SpaceX) dengan tujuan membangun pesawat ulang-alik untuk perjalanan komersial luar angkasa.

SpaceX dan impian Elon Musk

Pada 2008, SpaceX terbilang cukup besar. National Aeronautics and Space Administration (NASA) bahkan mempercayakan SpaceX untuk mengangkut kargo dari Bumi menuju International Space Station (ISS).

Lewat SpaceX, Elon Musk melaksanakan tugas tersebut dengan tujuan yang masih sama yaitu mengirim manusia ke luar angkasa untuk kepentingan komersial.

Baca juga: Resmi Sudah, Uji Penerbangan Kapsul Astronot Milik SpaceX Sukses

Tak hanya itu, pada 2017, Elon Musk mengungkapkan kepada publik cita-citanya untuk membuat sebuah koloni di Mars 50 tahun dari sekarang. Tepatnya sekitar tahun 2060.


Read More

About admin

Check Also

Heboh Mobil Toyota Kijang Innova Seliweran di Jalan Raya Inggris – VIVA – VIVA.co.id

Heboh Mobil Toyota Kijang Innova Seliweran di Jalan Raya Inggris – VIVA – VIVA.co.id

VIVA – Toyota Kijang Innova baru-baru ini heboh di media sosial, karena foto-fotonya sedang berjalan di jalan raya Inggris. Mobil berjenis Multi Purpose Vehicle, atau MPV itu juga menggunakan pelat nomor dari negara tersebut. Berdasarkan unggahan foto di Platesmania, dikutip VIVA Otomotif Selasa 21 September 2021, Kijang Innova berwarna hitam tersebut disematkan pelat nomor bertuliskan FXI0 MWC dengan warna dasar kaleng…