Breaking News
Home / Politics / Vaksin Covid-19 Temuan Ilmuwan Inggris akan Diuji Coba pada Manusia – Indeks News

Vaksin Covid-19 Temuan Ilmuwan Inggris akan Diuji Coba pada Manusia – Indeks News

Vaksin Covid-19
Vaksin Covid-19 temuan para ilmuwan di Universitas Oxford, Inggris, selangkah lagi akan dikembangkan untuk manusia. Sebab, vaksin yang mereka buat telah berhasil melindungi kera dari paparan virus Corona.

Vaksin Covid-19 tersebut telah diuji coba pada 6 ekor kera jenis rhesus. Kera ini telah disuntik dengan vaksin tersebut, ternyata para kera ini sudah 4 minggu dalam keadaan sehat meskipun sengaja dipaparkan dengan COVID-19.

Namun belum ada garansi vaksin Covid-19 ini akan sama ampuh di manusia, jelas hal ini merupakan pertanda baik. Kemudian, vaksin tersebut bakal diuji coba pada manusia pada akhir bulan depan untuk mengetahui seberapa aman dan efektif.

Vaksin Covid-19

“Kera rhesus ini kurang lebih adalah makhluk terdekat yang kita punya dengan manusia,” ujar pemimpin riset vaksin Covid-19 dari Oxford, Dr Vincent Munster.

Apabila sukses dan disetujui oleh regulator, maka kemungkinan pada bulan September mendatang, diharapkan beberapa juta vaksin tersebut sudah tersedia.

Temuan vaksin tersebut membuat Oxford University saat ini adalah salah satu yang tercepat menciptakan calon vaksin Corona. Uji coba pada manusia rencananya melibatkan lebih dari 6.000 relawan.

Vaksin Covid-19

Daily Mail, melaporkan ada sekitar 100 kandidat vaksin COVID-19 yang sedang dikembangkan di seluruh dunia. Hampir semuanya mencoba mengembangkannya secepat mungkin lantaran pandemi Corona merepotkan banyak negara.

Salah satu yang menonjol adalah perusahaan ReiThera asal Italia, Leukocare asal Jerman dan Univercelss dari Belgia bekerja bersama-sama membuat vaksin corona dan akan memulai trial dalam beberapa bulan ini. Konsorsium ini berjanji cepat memproduksi jutaan dosis jika upayanya berhasil.

“Kami akan memulai trial pada bulan Juli. Selain pengembangan vaksin Corona yang aman, penting untuk menggaransi produksi jutaan dosis dalam waktu cepat,” ujar Stefano Calloca, Choef Technology Officer ReiThera.

Pencarian Vaksin Corona

Setidaknya ada lebih dari 100 proyek penelitian untuk menemukan vaksin virus corona di seluruh dunia. Menurut London School of Hygiene and Tropical Medicine, ada tujuh penelitian yang saat ini sudah pada tahap uji klinis atau diujikan ke manusia.

Uji klinis itu sudah dilakukan di China dan Amerika Serikat. Sementara Jerman mengumumkan pada Rabu kemarin bahwa pihaknya akan melakukan uji klinis pada akhir bulan ini.

Vaksin Covid-19

Imperial College London juga berencana akan memulai uji klinis vaksin corona pada bulan Juni. Penelitian mereka fokus pada vaksin yang mengeksploitasi prinsip yang berbeda, menggunakan RNA, molekul kurir yang membangun protein dalam sel, untuk merangsang sistem kekebalan tubuh.

“Menemukan vaksin adalah satu-satunya cara yang mungkin untuk membawa dunia kembali ke situasi normal,” kata Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres pekan lalu, menyerukan percepatan proyek vaksin corona di seluruh dunia.

Comments

comments

loading…

Read More

About admin

Check Also

6 Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Merusak Mr P, Stop dari Sekarang! – detikHealth

6 Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Merusak Mr P, Stop dari Sekarang! – detikHealth

Jakarta - Penis merupakan organ terpenting bagi kaum pria. Secara umum, ada dua fungsi utama penis, yakni untuk mengeluarkan cairan urine dari dalam tubuh dan sebagai alat untuk proses berhubungan seksual.Namun, banyak pria yang tidak menyadari bahwa kebiasaan-kebiasaan tertentu dapat memberi pengaruh buruk untuk penis. Bahkan kebiasaan ini kerap dilakukan sehari-hari, lho.Wahai pria, ini 5…