Breaking News
Home / Politics / Ini Penyebab dan Cara Mencegah Penyakit Jantung | merdeka.com – merdeka.com

Ini Penyebab dan Cara Mencegah Penyakit Jantung | merdeka.com – merdeka.com

Merdeka.com – Berita duka kembali datang dari dunia hiburan Tanah Air. Ashraf Sinclair, suami Bunga Citra Lestari yang juga dikenal sebagai bintang sinetron ini, meninggal karena serangan jantung pada Selasa (18/2). Kematian pria asal Malaysia ini cukup mengejutkan, karena sebelumnya Ashraf terlihat dalam kondisi fit. Apalagi saat liburan pergantian tahun kemarin, Ashraf dan BCL sempat berlibur ke Melbourne, Australia.

Penyakit jantung memang kerap kali secara mendadak menyerang siapapun. Bahkan orang dengan usia yang masih muda sekali pun. Walaupun serangan jantung bisa menyerang dengan senyap dan mendadak, penyakit ini bisa dihindari dengan cara ini:

1 dari 2 halaman

Penyebab Sakit Jantung

pixabay / pexels

Menurut website kesehatan digital alodokter.com, penyebab penyakit jantung cukup banyak. Bisa dari ada masalah pada pembuluh darah jantung, detak irama jantung, hingga faktor dari lahir. Berikut adalah beberapa penyakit jantung yang dibagi menjadi beberapa jenis.

1. Jantung Koroner

Darah yang mengalir ke jantung tidak cukup banyak karena jantung yang memang berfungsi sebagai organ untuk memompa darah. Darah tersebut juga membawa oksigen dan nutrisi. Penyempitan di arteri koroner atau pembuluh yang juga menjadi faktor.

Penyempitan bisa terjadi karena radang arteri, namun hal itu jarang terjadi. Hal yang paling sering terjadi penyempitan adalah karena adanya plak yang menumpuk pada pembuluh darah.

2. Irama Detak Jantung yang Terganggu

Hal ini terjadi karena jantung memiliki aliran impuls listrik. Namun, aliran impuls listrik tersebut tidak berfungsi dengan semestinya. Hal tersebut mengakibatkan irama detak jantung berdetak terlalu cepat, terlalu lambat, bisa juga tidak beraturan.

Gangguan ini dapat disebabkan karena pola makanan yang tidak sehat seperti, konsumsi minuman beralkohol atau berkafein secara berlebihan, merokok, penyalahgunaan NAPZA (obat-obatan terlarang), dan obat-obatan. Apalagi ditambah dengan pola hidup yang tidak sehat juga seperti stres atau karena penyakit lain (diabetes, tekanan darah tinggi, kelainan jantung saat lahir).

3. Infeksi Jantung

Penyakit ini dapat disebabkan karena virus, bakteri atau jamur. Penyakit yang lebih sering menjadi penyebabnya adalah AIDS, gagal ginjal, lupus bahkan cedera pada jantung yang diakibatkan karena kecelakaan.

4. Kardiomiopati

Secara fungsi otot jantung yang seharusnya memompa darah ke jantung tidak cukup kuat lagi. Bisa menyebabkan jantung berhenti berdetak secara mendadak. Kondisi ini diperkuat karena hipertensi, kecanduan alkohol, penyalahgunaan NAPZA, dan kerusakan jantung yang diakibatkan karena serangan jantung.

5. Penyakit Sejak Lahir

Penyebabnya adalah terjadi kelainan pada bentuk serta fungsi pada jantung yang sudah terjadi sejak dilahirkan. Secara proses, kelainan ini terjadi saat bayi berada di dalam kandungan dan proses pertumbuhan bayi yang terganggu. Namun, Ibu yang mengandung bayi juga bisa menjadi faktornya karena riwayat kelainan jantung pada keluarganya, kecanduan alkohol atau penyalahgunaan NAPZA di masa kehamilan atau diabetes.

2 dari 2 halaman

Pencegahan Penyakit Jantung

pixabay / pexels

Itulah beberapa penyebab penyakit jantung yang dapat menyerang seseorang secara senyap dan tiba-tiba. Penyakit jantung memang bisa dicegah, kecuali penyakit jantung yang sudah ada dari lahir. Inilah beberapa cara untuk mencegah atau membantu dalam proses pemulihan penyakit jantung.

1. Melakukan MCU

Medical Check-Up memang harus sering dilakukan. Dilakukan bisa setiap 3 bulan sekali untuk memeriksa secara rutin terkait kadar kolesterol, gula darah dan tekanan darah.

2. Berhenti Merokok Secara Total

Hal yang paling susah untuk dilakukan perokok aktif, yaitu berhenti merokok. Namun dengan tekad yang kuat pada diri sendiri dan meyakinkan diri sendiri untuk bisa berhenti merokok, hal tersebut akan menjadi mungkin untuk dilakukan. Karena rokok adalah salah satu penyebab penyakit jantung.

3. Pola Hidup Sehat

Dengan mengonsumsi makanan-makanan yang banyak mengandung nutrisi dan mengandung kalori yang rendah. Seperti buah, sayuran, gandum, dan makanan yang mengandung omega3. Hindari makanan yang mengandung kadar gula yang tinggi, makanan berlemak, dan mengandung kolesterol.

Jika sudah mengonsumsi makanan-makanan tersebut. Olah raga rutin juga harus menjadi pelengkapnya. Menjadi berkeringat dengan melakukan olah raga setiap 30-60 menit sehari dapat membantu mengendalikan tekanan darah, kadar kolesterol, dan gula darah.

Akan lebih baik jika bisa mengelola stres dengan baik. Jika mengalami stres dalam jangka waktu yang lama, menjadi salah satu faktor yang menyebabkan jantung bekerja lebih keras. Dengan melakukan konsultasi dengan dokter terkait apabila sering merasa tertekan, atau sering marah setiap menghadapi masalah.

[dem]

Read More

About admin

Check Also

JADI Orang Pertama yang Sembuh dari HIV, Takdir Pria Ini Justru Meninggal Akibat Penyakit Ganas Lain – Tribun Newsmaker

TRIBUNNEWSMAKER.COM - Kisah hidup seorang Timothy Ray Brown mendadak ramai diperbincangkan publik. Bagaimana tidak sosok Timothy Ray Brown kini tengah menjadi harapan baru bagi para penderita HIV di seluruh dunia. Timothy Ray Brown dikenal sebagai 'pasien Berlin' yang menjadi orang pertama yang sembuh dari HIV. Namun sayang takdir tak berpihak pada Timothy Ray Brown. Berhasil sembuh…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *