Breaking News
Home / Politics / Ricuh Tamansari, Desmond Desak Kapolda Jabar Dicopot – CNN Indonesia

Ricuh Tamansari, Desmond Desak Kapolda Jabar Dicopot – CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia —

Penggusuran di Tamansari

, Bandung, berujung kekerasan aparat. Wakil Ketua Komisi III DPR RI

Desmond Junaidi Mahesa

 mendesak Kapolri Jenderal Idham Azis mencopot 

Kapolda Jawa Barat

Inspektur Jenderal Rudi Sufahriadi dari jabatannya.

Menurutnya, Rudi telah membiarkan jajaran polisi di bawahnya bertindak brutal dalam insiden kericuhan saat penggusuran lahan permukiman warga di RW 11 Tamansari, Kota Bandung pada Kamis (12/12).

“Kalau menurut saya, Kapolri harus copot Kapolda Jawa Barat,” kata Desmond di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Jumat (13/12).

Politikus Partai Gerindra itu pun mengecam tindakan aparat kepolisian dalam penertiban lahan permukiman warga di Tamansari.

Desmond mempertanyakan alasan polisi memukuli warga yang tidak membawa senjata sama sekali. Dia juga mempertanyakan pihak yang dilindungi oleh polisi dalam penertiban tersebut.

“Persoalannya polisi melindungi siapa? Melindungi pengusaha, pemerintah dalam rangka penggusuran? Kalau itu wajah polisi, rusak gitu loh dan saya protes keras ini khususnya ke Kapolda Jawa Barat,” kata dia.

Desmond menambahkan, polisi seharusnya menghadirkan suasana teduh dalam penggusuran lahan permukiman warga di Tamansari. Menurutnya, hal tersebut penting bagi pemerintahan Joko Widodo-Ma’ruf Amin.

“Seharusnya bikin wajah teduh. Agar pemerintahan Jokowi lebih tenang, bukan mempertontonkan hal-hal yang keras kaya gini,” ujarnya.

Ricuh Penggusuran Tamansari, Desmond Desak Kapolda DicopotSebuah rumah terbakar pascabentrok warga dengan petugas saat pengosongan lahan dan pengamanan lahan RW 11 Tamansari, Bandung, Jawa Barat, Kamis (12/12/2019). (

ANTARA FOTO/Novrian Arbi)

Penggusuran lahan permukiman warga di RW 11 Tamansari, Kota Bandung berlangsung ricuh pada Kamis kemarin (12/12). Terjadi perlawanan terhadap petugas yang ingin menertibkan lahan.

Petugas melakukan itu karena lahan bakal dijadikan kampung deret. Sebagian warga sudah setuju. Namun, masih ada yang bertahan.

Menurut pendamping hukum warga RW 11, Rifki Zulgikar, penggusuran tersebut menyalahi prosedur hukum. Dia mengatakan masih ada proses hukum yang berjalan di Pengadilan Tata Usaha Negeri (PTUN) Bandung.

“Izin lingkungannya masih diuji tapi ternyata tindakan-tindakan pengosongan ini sudah dilakukan tanpa ada pemberitahuan yang lebih layak,” kata Rifki di lokasi, Kamis (12/12).

Namun, Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman Pertanahan dan Pertamanan (DPKP3) Kota Bandung, Dadang Darmawan membantah hal tersebut. Dia memastikan pembangunan rumah deret Tamansari tetap dilanjutkan.

Pemkot Bandung sudah memenangkan gugatan yang dilayangkan warga di Mahkamah Agung. Putusan itu sudah inkrah sehingga SK Kepala DPKP3 Nomor 538.2/1325A/DPKP3/2017 tentang Penetapan Kompensasi Bangunan, Mekanisme Relokasi dan Pelaksanaan Pembangunan Rumah Deret Tamansari yang jadi dasar penggusuran sah secara hukum.

“Setelah penertiban ini, kita lakukan pemagaran di batas-batas yang menjadi milik Pemkot Bandung. Kemudian sebelum dilakukan pembangunan harus ada pematangan lahan dulu. Setelah itu baru siap dilakukan pembangunan rumah deret,” kata Dadang, Kamis (12/12).

[Gambas:Video CNN] (mts/pmg)

Read More

About admin

Check Also

6 Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Merusak Mr P, Stop dari Sekarang! – detikHealth

6 Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Merusak Mr P, Stop dari Sekarang! – detikHealth

Jakarta - Penis merupakan organ terpenting bagi kaum pria. Secara umum, ada dua fungsi utama penis, yakni untuk mengeluarkan cairan urine dari dalam tubuh dan sebagai alat untuk proses berhubungan seksual.Namun, banyak pria yang tidak menyadari bahwa kebiasaan-kebiasaan tertentu dapat memberi pengaruh buruk untuk penis. Bahkan kebiasaan ini kerap dilakukan sehari-hari, lho.Wahai pria, ini 5…