Breaking News
Home / Bussines / Kisah Sukses Ajip Merintis Bisnis Sambil ‘Ngojol’ di GoJek – ayobandung.com

Kisah Sukses Ajip Merintis Bisnis Sambil ‘Ngojol’ di GoJek – ayobandung.com

COBLONG, AYOBANDUNG.COM–Beberapa tahun lalu, Ajip Purnomo, salah seorang wirasswasta asal Kota Bandung harus berupaya mencari jalan keluar ketika usahanya di bidang optik gulung tikar. Untuk tetap dapat menghidupi tiga orang anak dan sang istri, dirinya memutuskan untuk bergabung menjadi mitra pengemudi atau driver GoJek.

Profesi tersebut dijalaninya hari demi hari sejak September 2015. Sebagaimana driver lainnya, salah satu tugasnya bukan hanya mengantar penumpang dari satu tempat ke tempat lainnya, namun juga menerima pesanan makanan para konsumen lewat fasilitas ‘GoFood’.

Saking seringnya menerima pesanan makanan, Ajip kemudian berkesimpulan bahwa pasar bisnis kuliner di Kota Bandung menjanjikan. Dirinya bahkan pernah mendapat order pesanan makanan hingga hampir senilai Rp1 juta.

“Waktu itu konsumennya pesan seafood. Untungnya pihak GoJek juga sangat memudahkan. Saat itu saya enggak pegang uang sebanyak itu, kemudian telepon CS (customer service) dan dikasih pinjaman uang. Setelah dibayar konsumen, lalu dikembalikan,” ungkapnya ketika hadir dalam acara Ngobrol Bareng GoJek di Hotel Moxy, Jalan Ir.H.Juanda, Bandung, Kamis (10/10/2019).

AYO BACA : Transaksi GoPay Naik 4.000 Kali Lipat di Cibadak Culinary Night

Besarnya antusiasme masyarakat di bidang kuliner dan kemudahan pesan-antar yang diberikan GoJek membuat dirinya memutuskan untuk mulai merintis bisnis salah satu kudapan ringan yang tengah populer di kalangan masyarakat, terutama anak muda, pada 2017. Ajip kemudian bergabung menjadi salah satu merchant GoFood dalam berjualan pisang nugget.

“Di Bandung saya merasa prospek kuliner itu bagus. Saya mulai berbisnis kuliner menjelang kelahiran anak keempat. Penghasilan saya selama jadi driver tiap hari disisihkan Rp50 ribu untuk modal dan alhamdulillah tercapai,” ungkapnya.

Selama berbisnis, Ajip memanfaatkan fitur GoBiz yang dapat diunduh oleh para merchant GoFood untuk menjalankan bisnisnya. Di sana, merchant dapat mengatur layanan pesan-antar sesuai kebutuhan.

“Di sana bisa diurus semua kebutuhan bisnis kita, promosi sudah bantu diuruskan oleh GoFood lewat kerjasama promo. Aplikasinya mudah, ada pilihan bantuan juga kalau kesulitan,” ungkapnya.

AYO BACA : Amazon Jajaki Kerja Sama dengan Gojek

Dia mengatakan, aplikasi tersebut juga dapat menghindari penumpukan antrean pemesan lewat keterangan keteresediaan stok yang dapat diperbaharui secara real time.

Head Regional Corporate Affairs GoJek, Wildan Kesuma mengatakan, GoBiz memilki setidaknya empat manfaat bagi pebisnis. Mencakup fleksibilitas, transaski real time, dan aman sehingga penipuan dapat dicegah.

“Selain itu juga proses pemesanannya cepat,” ungkapnya.

Kini, Ajip mengatakan, penghasilannya dari berjualan pisang nugget melalui transaksi langsung maupun via GoFood dapat mencapai Rp750 ribu hingga Rp1 juta rupiah per-hari. Dirinya juga berencna akan membuka cabang dalam waktu dekat.

“Kuncinya adalah tekad dan keyakinan. Jangan pernah mengeluh,” pungkasnya.

AYO BACA : Gojek Kembali Jadi 20 Besar Perusahaan yang Mengubah Dunia

Read More

About admin

Check Also

Mobil Menteri Jokowi yang Baru Sudah Dikirim Pekan Lalu – Kompas.com – KOMPAS.com

Mobil Menteri Jokowi yang Baru Sudah Dikirim Pekan Lalu – Kompas.com – KOMPAS.com

JAKARTA, KOMPAS.com - Pihak Toyota Indonesia sudah mengirimkan mobil Toyota Crown 2.5 HV G-Executive, yang akan dipakai para menteri era Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin peridoe 2019-2024. Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan, proses penyerahan mobil sudah dilakukan Toyota kepada pemerintah pekan lalu. Baca juga: Rahasia Mobil…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *