Breaking News
Home / Bussines / Menko Darmin: Dunia Sedang Payah, tapi Jangan Anggap Indonesia Juga – Kompas.com – KOMPAS.com

Menko Darmin: Dunia Sedang Payah, tapi Jangan Anggap Indonesia Juga – Kompas.com – KOMPAS.com

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menilai ekonomi Indonesia masih cukup kuat di tengah pelemahan ekonomi dunia.

Oleh karena itu, mantan Gubernur Bank Indonesia (BI) tersebut bilang ekonomi Indonesia tidak serta merta bisa disamakan dengan kondisi ekonomi dunia.

“Jadi jangan dicampur aduk, dunia sedang payah jangan dianggap kita (Indonesia) juga payah,” ujarnya di Jakarta, Rabu (9/10/2019).

Darmin bahkan masih percaya diri ekonomi Indonesia akan tetap tumbuh 5 persen di kuartal ketiga 2019. Hal ini meneruskan pertumbuhan serupa pada kuartal I dan II 2019.

Meskipun diakui Darmin perang dagang antara Amerika Serikat dan China cukup memukul ekspor dan impor Indonesia. Sebab, keduanya merupakan mitra dagang utama Indonesia.

Baca juga: Kepada Pengusaha, Jokowi Ingatkan Ketidakpastian Ekonomi Global

Namun ia mengungkapan satu hal bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia tidak akan banyak terimbas dari pelemahan ekspor dan impor.

Ekspor kita itu 6 bulan terakhir lemah, termasuk impornya juga. Kelihatannya baru bulan lalu keadaan sedikit berubah kembali,” kata dia.

“Namun kalau 5 persen (pertumbuhan ekonomi) itu pasti lah, sehingga dilihat terutama dari konsumsi rumah tangga. Karena kan kita lebih banyak tergantung demand di dalam negeri daripada ekspor,” sambungnya.



Read More

About admin

Check Also

Rupiah Akhirnya Tumbang, Gara-gara Dikritisi DPR? – CNBC Indonesia

Rupiah Akhirnya Tumbang, Gara-gara Dikritisi DPR? – CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Nilai tukar rupiah melemah melawan dolar Amerika Serikat (AS) hingga pertengahan perdagangan Senin (27/1/2020). Penyebaran virus corona masih menjadi isu utama yang mempengaruhi pergerakan pasar finansial hari ini. Rupiah membuka perdagangan hari ini dengan melemah 0,04% ke level Rp 13.570/US$. Pelemahan Mata Uang Garuda terus membesar hingga 0,41% ke level Rp 13.620/US$. Level…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *