Breaking News
Home / Politics / Tertarik Mercy Gullwing Warisan BJ Habibie? Harganya Bikin Geleng-Geleng Kepala – MINEWS

Tertarik Mercy Gullwing Warisan BJ Habibie? Harganya Bikin Geleng-Geleng Kepala – MINEWS

gullwing bukalapak
Mercedes 300 SL Gullwing. (bukalapak)

MINEWS.ID, JAKARTA – Hal yang menarik perhatian pecinta otomotif saat BJ Habibie meninggal dunia adalah koleksi mobil langkanya yaitu Mercedes-Benz 300 SL yang dikenal dengan Gullwing. Maka harganya sekarang bikin geleng-geleng kepala.

Mobil yang dibuat sekitar pertengahan 1950 -an tersebut sekarang sudah menjadi ‘peliharaan’ favorit para ‘car lover.‘ Tetapi bukan sembarang pecinta mobil karena kategori Gullwing sama dengan berlian. Dikoleksi karena keindahan dan kelangkaannya.

Tidak ada jumlah pasti populasi mobil dengan pintu seperti sayap burung jika terbuka itu. Ada yang menyebut saat pertama kali diproduksi hanya 1400, ada yang menyebut hanya 100 dan ada yang menduga jumlahnya hanya puluhan di seluruh dunia.

Jika mengacu kepada angka 1.400 pun, Gullwing memang layak dikategorikan mobil langka di dunia. Apalagi unit yang masih bisa dikendarai di seluruh dunia sekarang pasti hanya bisa dihitung dengan jari.

Tidak heran jika nilai mobil itu setara berlian, apalagi sejak pertama dirilis Gullwing termasuk sedan sporty premium dengan fitur-fitur high end. Hal yang membuatnya digemari kalangan atas waktu itu adalah kecepatan tiada tanding di masanya.

Dari posisi diam hingga mencapai 100 kilometer per jam, si Gullwing hanya membutuhkan waktu kurang dari 10 detik. Lalu berapa sih harga yang pantas buat Gullwing peninggalan Eyang Habibie?

Minews.id mencoba merangkumkan lima hasil penjualannya di dunia seperti berikut;

Lelang di Santa Monica, Amerika Serikat

Mobil yang dimiliki Tom Walner itu sudah 21 tahun teronggok di garasi rumahnya sehingga mesinnya rusak. Namun betapa senangnya Tom, kolektor mobil antik mau membelinya senilai Rp 280 juta. Wow, rongsokan Gullwing itu pun mencatat rekor penjualan tertinggi di dunia.

Penjualan mobil koleksi RK Motors Charlotte

Joseph Caroll sebagai pemilik RK Motors berhasil menjual 300 SL tahun 1954 miliknya dengan harga fantastis yaitu 1,9 juta dolar AS atau sekitar Rp 25,9 miliar.

Kondisinya, mobil sudah digunakan selama 60 tahun sejauh 73.526 kilometer. Namun mobil itu masih orisinal. Saat pertama kali dijual pada 1956 nilainya 121 ribu dolar AS atau setara Rp 1,6 miliar.

Pelelangan Gooding & Company

Pada 2012, balai pelelangan itu dikabarkan telah berhasil melelang Gullwing keluaran 1955 dengan nilai 4,62 juta dolar AS atau setara Rp 41,36 miliar. Sebuah harga yang fantastis untuk ukuran mobil berusia 57 tahun.

Balai Lelang Bring A Trailer

Tawaran tertinggi untuk 300 SL tahun 1956, seperti dilansir Carscoops 19 Mei 2019 adalah 1 juta dolar AS atau sekitar Rp 14,4 miliar. Posisi itu masih berjarak 20 hari sebelum ketuk palu harga final.

Lelang eBay Motors

Mercedes-Benz 300SL Gullwing pra-produksi yang dibuat dengan keterampilan tangan pada 1954 itu ditawarkan dengan harga awal 850 ribu dolar AS atau setara Rp 8 miliar lebih.

Read More

About admin

Check Also

6 Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Merusak Mr P, Stop dari Sekarang! – detikHealth

6 Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Merusak Mr P, Stop dari Sekarang! – detikHealth

Jakarta - Penis merupakan organ terpenting bagi kaum pria. Secara umum, ada dua fungsi utama penis, yakni untuk mengeluarkan cairan urine dari dalam tubuh dan sebagai alat untuk proses berhubungan seksual.Namun, banyak pria yang tidak menyadari bahwa kebiasaan-kebiasaan tertentu dapat memberi pengaruh buruk untuk penis. Bahkan kebiasaan ini kerap dilakukan sehari-hari, lho.Wahai pria, ini 5…