Breaking News
Home / Politics / 7 Makanan Tingkatkan Kesehatan Jantung – CNN Indonesia

7 Makanan Tingkatkan Kesehatan Jantung – CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia — Presiden ke-3 RI

Bacharuddin Jusuf Habibie

 meninggal dunia di RSPAD Gatot Soebroto pada Rabu (11/9) setelah menjalani perawatan intensif. BJ Habibie ditangani oleh tim dokter dari berbagai bidang keahlian seperti

jantung

, penyakit dalam, dan ginjal.

Salah satu komplikasi penyakit yang dialami Habibie adalah masalah pada jantung. Habibie juga pernah diketahui mengalami klep jantung bocor. Penyakit jantung seperti yang dialami Habibie, merupakan salah satu penyakit yang mematikan di dunia.

Ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang berisiko mengalami penyakit jantung, salah satunya adalah pilihan makanan. Setiap makanan yang dikonsumsi dapat berdampak pada kesehatan jantung. Ada makanan yang berdampak buruk, namun ada sejumlah makanan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung.

Mengutip berbagai sumber, berikut 7 makanan yang baik untuk kesehatan jantung.

1. Sayuran hijauSayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung, sawi, kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan. Sayuran ini merupakan sumber vitamin K yang membantu melindungi arteri dan pembekuan darah.

Sayuran hijau juga terbukti mengandung nitrat yang dapat mengurangi tekanan darah, kekakuan arteri, dan meningkatkan fungsi sel yang melapisi pembuluh darah.

2. Biji-bijian utuhDibandingkan dengan biji-bijian olahan, biji-bijian utuh seperti gandum utuh, beras merah, gandum hitam, dan quinoa memiliki serat yang lebih tinggi. Kandungan ini dapat membantu mengurangi kolesterol jahat (LDL) sehingga mengurangi risiko penyakit jantung.

Banyak studi telah membuktikan biji-bijian dan gandum bermanfaat bagi kesehatan jantung. Sebuah analisis dari 45 studi menyimpulkan bahwa makan tiga porsi biji-bijian setiap hari dikaitkan dengan risiko penyakit jantung 22 persen lebih rendah.

3. Buah beriAneka buah beri seperti stoberi, blueberi, raspberi mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan jantung.

Buah beri kaya antioksidan seperti anthocyanin, yang dapat melindungi jantung terhadap stres oksidatif dan peradangan. Studi menunjukkan bahwa makan banyak buah beri dapat mengurangi beberapa faktor risiko penyakit jantung.

4. AlpukatAlpukat merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal yang sehat untuk jantung. Konsumsi alpukat dikaitkan dengan penurunan kadar kolesterol dan risiko penyakit jantung yang lebih rendah.

Dikutip dari situs kesehatan Health Line, alpukat kaya kalium yang penting bagi kesehatan jantung. Satu buah alpukat memiliki 975 mg kalium, atau sekitar 28 persen dari kebutuhan kalium per hari.

5. Ikan berlemakIkan berlemak seperti salmon, mackerel, sarden dan tuna kaya akan asam lemak omega-3. Asam lemak ini baik untuk menjaga kesehatan jantung. Studi menunjukkan makan salmon tiga kali seminggu dalam delapan pekan dapat menurunkan tekanan darah sistolik secara signifikan.

Penelitian juga menemukan setiap penurunan 3,5 ons atau 100 gram konsumsi ikan mingguan, dikaitkan dengan peningkatan risiko tambahan penyakit jantung sebesar 19 persen, seperti tekanan darah tinggi, diabetes atau obesitas.

6. Kacang kenariKacang kenari adalah sumber serat dan mikronutrien seperti magnesium, tembaga, dan mangan. Penelitian menunjukkan makan kacang kenari dapat mengurangi kolesterol LDL hingga 16 persen, mengurangi stres oksidatif dan peradangan.

7. TomatTomat mengandung likopen atau pigmen tumbuhan alami dengan sifat antioksidan yang kuat. Antioksidan ini membantu menetralisir radikal bebas berbahaya.

Studi mendapati kadar likopen yang rendah dalam darah dihubungkan dengan peningkatan risiko serangan jantung dan stroke. Ulasan dari 25 studi juga menyimpulkan asupan makanan kaya likopen dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Konsumsi rutin makanan-makanan ini diharapkan dapat mengurangi risiko penyakit yang berhubungan dengan penyakit jantung seperti yang dialami BJ Habibie.

[Gambas:Video CNN] (ptj/ayk)

Read More

About admin

Check Also

Prediksi Susunan Pemain Persib Bandung Vs Semen Padang – Kompas.com – KOMPAS.com

Prediksi Susunan Pemain Persib Bandung Vs Semen Padang – Kompas.com – KOMPAS.com

BANDUNG, KOMPAS.com - Persib Bandung dipastikan tidak tampil dengan skuad penuh saat berhadapan dengan Semen Padang pada pekan ke-19 Liga 1 2019. Dalam laga yang akan berlangsung di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Rabu (18/9/2019) malam WIB itu, Persib dipastikan tampil tanpa Febri Hariyadi dan Ezechiel N'Douassel. Febri terkena akumulasi kartu kuning, sementara N'Douassel…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *