Breaking News
Home / Technology / Waduh! 10 Ribu Orang Indonesia Jadi Korban FaceApp Palsu – Telset.id

Waduh! 10 Ribu Orang Indonesia Jadi Korban FaceApp Palsu – Telset.id

Telset.id, Jakarta – Aplikasi FaceApp tengah digandrungi netizen Indonesia. Namun di balik kegilaan itu ada bahaya yang disetujui jika tak waspada, karena kini sudah tersedia aplikasi FaceApp palsu yang bernama FaceApp Pro. Apa bahayanya?

Menurut lembaga riset keamanan IT, ESET sudah ada lebih dari 10 ribu orang Indonesia yang tertipu dengan aplikasi abal-abal tersebut. ESET menjelaskan itulah kesimpulan FaceApp bermula dari promosi iklan di video Youtube.

FaceApp Pro penerapan unduh gratis tautan di laman tersebut. Mereka menggunakan tautan unduhan yang diperpendek yang mengerjakan untuk membuat pengguna memasang aplikasi tambahan dari Google Play.

{ Baca juga: Awas! Aplikasi FaceApp Pro Ternyata Mengandung Malware }

Menurut peneliti ESET, jenis perdebatan ini biasanya digunakan untuk menayangkan iklan, tautan yang dipersingkat dapat digunakan pengguna menginstal malware hanya dalam satu klik.

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima Tim Telstet.id pada Selasa (23/07/2019), Youtube saat ini sudah menjadi acuan perangkat lunak , jika kita mencari dengan kata kunci FaceApp Pro, maka akan menghasilkan banyak tautan video. Berdasarkan data statistik, banyak tautan yang mengarah ke aplikasi FaceApp Pro.

Parahnya, sejak 19 Juli 2018, sudah dibuka 10.737 orang Indonesia yang membuka halaman tersebut dan kemudian menjadi korban FaceApp palsu.

“Begitu korban membuka untuk instalasi, maka apa saja yang bisa masuk ke dalam pengguna smartphone , termasuk malware perbankan, ransomware , data pencuri dan sebagainya,” tulis penjelasan ESET.

Menurut Konsultan Keamanan TI PT Prosperita ESET Indonesia, Yudhi Kukuh dunia maya memiliki dua sisi yang berseberangan, sesuatu yang kita anggap menyenangkan, dapat diubah.

Berdasarkan pengalaman, Hy per pasti menarik scammers , dan semakin besar sensasinya, maka semakin tinggi risiko korban bertambah, ”ucap Kukuh.

Kukuh demi agar setiap kali bergabung dalam hype, pengguna harus ingat untuk tetap pada prinsip-prinsip dasar keamanan seperti selalu mengunduh aplikasi di tempat resmi yang telah disediakan.

{ Baca juga: Awas! Ada Aplikasi FaceApp Palsu yang Merusak Smartphone }

Sebelumnya, Kaspersky juga membahas, aplikasi yang menginfeksi pengguna dengan adware bernama MobiDash. Adware tersebut membuat simulasi seolah-olah aplikasi tidak berhasil dipasang.

Sejatinya dalam kondisi seperti itu, aplikasi sedang menginfeksi perangkat. Menurut peneliti keamanan Kaspersky, Igor Golovin, FaceApp palsu semakin bertambah bergerilya dan bertambah korban hanya dalam waktu singkat. [NM / HBS]

Read More

About admin

Check Also

GTA San Andreas PC Gratis Pemanen, Berikut Cara Redeem-nya – Gamebrott.com

GTA San Andreas PC Gratis Pemanen, Berikut Cara Redeem-nya – Gamebrott.com

Gamebrott.com Limited adalah subsidiary dari Game Media Asia Limited. Berdiri di tahun 2015 dengan misi menyediakan layanan dan rubrik informatif kepada gamer di Indonesia. Untuk say hello, kerjasama, Press Release, dan hal lainnya silahkan hubungi detail di bawah ini: Career: [email protected] Partnership: [email protected] Press Release: [email protected] Phone/Whatsapp: (+62)-852-7134-8676

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *