Breaking News
Home / Blog / E-SMS, Upaya Peningkatan Tata Kelola menuju Good University Governance (GUG)

E-SMS, Upaya Peningkatan Tata Kelola menuju Good University Governance (GUG)

IAIN Parepare— E-SMS merupakan aplikasi manajemen yang diharapkan dapat menggerakkan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) mewujudkan Governance University, Teaching University, Research University dan Global University.

Hal tersebut disampaikan Abdul Hamid Cebba (Ketuatim e-SMS) pada acara rapat koordinasi percepatan pengisian Elektronik Sistem Manajemen Strategis (E-SMS) yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Pendidikan Kementerian Agama RI di Hotel Grand Aston, Yogyakarta. Kegiatan ini berlangsung mulai tanggal 11 sampai 13 April 2019.

“Elektronik Strategic Management System (e_SMS) ini merupakan upaya pemeringkatan bagi PTKIN dalam rangka peningkatan tata kelola menuju Good University Governance (GUG),” jelas
Abdul Hamid Cebba.

Menurutnya, kunci utama kesuksesan pengisian Dashboard e-SMS ini adalah kerjasama yang baik antara seluruh stakeholder di masing-masing unit kerja, terutama pimpinan untuk menghadirkan jawaban yang tepat beserta bukti-bukti pendukung yang dimilikinya.

Dalam e-SMS tersebut, masih menurut Cebba, mengandung beberapa komponen di antaranya pertama komponen pengajaran 20 persen. Kedua, fasilitas, sumber daya dan supporting staff 25 persen. Ketiga, kepemimpinan, manajemen dan tata kelola 40 persen, dan keempat, penelitian, publikasi, pengabdian-layanan pada masyarakat dan kerjasama 15 persen.

Sebagai informasi, dalam kegiatan pelatihan tersebut, seluruh peserta diberikan tutorial lengkap cara melakukan pengisian Dashboard e-SMS, termasuk cara memilih jawaban atas setiap pertanyaan yang diajukan beserta data pendukung (evidence) yang harus di upload atau ditampilkan sebagai bukti. Diharapkan keseluruhan pengisian Dashboard e-SMS ini dapat selesai sebelum akhir bulan April tahun 2019.

Report: Wawan Kurniawan Djalil, Delegasi dari Unit Teknologi Informasi Pangkalan Data (TIPD) IAIN Parepare

About Hayana

Check Also

IAIN Parepare Jalin Kerjasama dengan Tujuh Perguruan Tinggi Asing

Institut Agama Islam Negeri Parepare menjalin kerjasama dengan delapan Perguruan Tinggi Asing.....